Melihat-lihat Arsip Internet “The Long Lost and Forgotten” Websites

Masih ingat zamannya membuat personal website lewat geocities.com? Kangen dengan website geocities lama Anda? Atau mungkin Anda ingin menatap lagi website-website yang sekarang sudah punah? Apakah masih mungkin untuk menjumpai mereka lagi?

Tidak ada yang tidak mungkin dengan teknologi Internet yang terus berkembang. Seiring dengan peningkatan kapasitas penyimpanan data, semakin terjangkaunya harga server, dan inisiatif dari Internet Archive untuk memberikan layanan kepada publik dalam mengakses arsip website-website dimulai dari tahun 1996 hingga yang terbaru sekalipun. Publik dapat merasakan pengalaman berselancar di dunia maya kembali ke masa lampau sejauh tahun 1996 atau sekedar melihat-lihat versi jadul dari website favorit mereka.

Internet Archive memungkinkan publik untuk mencari dan menelusuri arsip internet lewat situs http://archive.org/web/web.php. Sekedar rasa ingin tahu, saya pun mencoba melihat kembali situs geocities saya yaitu http://geocities.com/dmarthen.

ImageDengan meng-klik button Take Me Back, muncullah semacam kalendar menyerupai kalendar pemutakhiran website geocities saya yang lama.

Calendar

Calendar

Lebih jauh lagi saya klik pada kalendar tertanggal 7 April 2003, dan voila, personal website geocities yang super jadul bisa muncul kembali di depan mata saya. Stratocaster!!!! Hahaha…

Stratocaster!!!

Stratocaster!!!

Ketika saya view source masih terlihat bahwa website jadul saya ini seperti umumnya website jadul semasa itu menggunakan Microsoft Front Page sebagai html editornya. Di sisi kiri atas masih tertulis IP Address mesin plucky.ee.itb.ac.id yaitu 167.205.48.247. Jaman itu internet masih barang yang awesome yang hanya diakses orang-orang kampus saja. Sayangnya, sepatutnya ada foto grup band Beatles berpose dalam melayankan lagu “You’re Going To Lose That Girl” yang dicuplik dari film musikal mereka berjudul “The Beatles : In Help!” Terlihat juga oleh saya, NIM (Nomor Induk Mahasiswa) saya, 13298178, dan tanggal lahir saya. Sekarang ini saya sedang senyam senyum sendiri ingat dulu ngulik Front Page untuk buat website busuk jadul saya ini🙂. GQDWH3XSWCSP

Tinggalkan Balasan

