Pustaka ::: Surat Ibrani ::: William Barclay

Judul asli buku ini adalah Letter to the Hebrews – The Daily Bible Study karangan William Barclay.

Buku ini menjelaskan ada dua latar belakang pemikiran dalam Surat Ibrani yaitu latar belakang Yunani dan latar belakang Yahudi. Pemikiran Yunani beranggapan bahwa ada dunia nyata yang memiliki kebenaran dan dunia yang sekarang hanyalah bayangannya saja. Disini penulis Surat Ibrani memproklamirkan bahwa Yesus Kristus adalah jalan menuju dari dunia bayangan sekarang kepada dunia yang sempurna tadi. Di lain pihak, kaum Yahudi beranggapan bahwa amatlah berbahaya untuk datang terlalu dekat kepada Allah karena dosa sehingga perlu ada hubungan perjanjian antara Allah dengan manusia. Respon penulis Surat Ibrani adalah menyapa kaum Yahudi bahwa Yesus adalah korban penebusan sempurna untuk boleh mendekat kepada Allah.
Surat Ibrani dipaparkan per bagian sebagai contoh bagian “Akhir dari Rentetan Wahyu” Ibrani 1:1-4, lalu “Diatas para Malaikat” Ibrani 1:5-14 hingga pada akhirnya “Doa, Salam Dan Berkat” Ibrani 13:20-25.

William Barclay dilahirkan di Wick, Skotlandia Utara, 5 Desember 1907. Dia diberikan gelar kehormatan Doctor of Divinity dari Universitas Edinburgh juga Professor Kritik Alkitab. Dia tidak pernah meminta royalti untuk seri Pemahaman Alkitab Setiap Hari agar buku ini dapat diperoleh para misionaris ataupun para pelayan gereja, mahasiswa dan awam dengan harga yang lebih murah. Beliau meninggal dunia 24 Januari 1978 setelah lama menderita emfisema.

Buku ini saya beli sekitar Juni 1993, di Jakarta Book Center, Mall Kalibata. Harganya saat itu masih Rp 5800. Saya membacanya dalam perjalanan mulai Bakauheuni sampai Medan dari 17 Juni – 2 Juli 1993.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s