Merenung Doktrin Trinitas

Sebelum saya ikut katekisasi di salah satu gereja mainstream protestan yakni HKBP, ternyata pandangan saya terhadap Tuhan itu tidak sejalan dengan doktrin Trinitas. Mengapa demikian? Saya pun heran, berarti selama itu saya meyakini Tuhan sebagai satu pribadi bukan tiga pribadi sebagaimana doktrin Trinitas. Saya menganggap bahwa Tuhan itu satu; Tuhan menciptakan langit dan bumi; Tuhan yang sama juga turun ke dunia sebagai Yesus; dan Tuhan yang sama juga sebagai Roh Kudus. Saya menganggap bahwa ada satu pribadi dengan modus operandi yang berbeda. Dan ternyata saya salah.

Terimakasih kepada guru-guru katekisasi saya saat itu, yang menyadarkan saya bahwa teori saya tidak sejalan dengan ajaran Alkitab. Saya menjadi sadar bahwa dari semula hingga pada kesudahannya adalah tiga pribadi; Bapa, Putra dan Roh Kudus. Bapa menciptakan semesta lewat FirmanNya yaitu Putra dan dengan RohNya yang Kudus.

Konsep berikutnya yang saya pahami setelah katekisasi adalah Teofani, dimana pribadi kedua dari Trinitas-lah yang berinteraksi dengan manusia. Pribadi kedua inilah sebelum inkarnasi (pre-incarnate) yang berdialog dengan Abraham bahkan Musa sebab manusia tidak dapat menjumpai ataupun dijumpai Bapa oleh karena dosa manusia tanpa manusia menjadi binasa.

Roh Kudus telah berperan dalam penciptaan, maupun ilham kepada para nabi, tapi tidak pernah menjadi manusia. Roh Kudus-lah yang membuat manusia bersaksi bahwa Yesus adalah Putra. Roh Kudus-lah yang menyadarkan manusia akan dosa. Roh Kudus-lah yang membimbing manusia untuk berdoa.

Mengimani Trinitas tidaklah sesulit yang banyak orang kira.

Tinggalkan Balasan

