Membuat Paspor Anak di Imigrasi Jakarta Selatan

Murahnya ongkos penerbangan ke luar negeri saat ini, membuat kami sebagai orangtua merasa perlu untuk membawa anak bertamasya ke luar negeri. Tentu saja memerlukan dokumen perjalanan yakni paspor untuk bisa bepergian ke manca negara. Awalnya kami bertanya-tanya apa saja yang diperlukan untuk membuatkan paspor bagi putri kami. Berdasarkan pengalaman kalau hendak ke kantor imigrasi perlu datang pagi-pagi sekali, maka saya pun berangkat ke sana dengan mengira-ngira saja apa-apa saja yang dibutuhkan.

Suasana kantor imigrasi Jakarta Selatan yang sudah direnovasi terasa begitu nyaman. Papan informasi anti calo sudah dipasangkan sehingga dapat disimak oleh masyarakat yang perlu membuat paspor. Biaya pembuatan paspor pun sudah sedemikian transparan.Saat itu saya membawa paspor asli orang tua, kartu keluarga, akte kelahiran, surat nikah, ijazah kami berdua. Ternyata juga diperlukan surat pernyataan orang tua. Untung saja koperasi kantor imigrasi telah menyediakan meterai Rp 6.000 dan blanko kosong seharga Rp 2.000 yang dibutuhkan.

Setelah menyerahkan dokumen yang diminta dan  membayar Rp 255.000,00, antrian berikutnya adalah wawancara dan foto. Ketika ditanya untuk kebutuhan apa paspor, kami jelaskan terus terang untuk jalan-jalan ke Singapore. Semua lancar-lancar saja kecuali pada saat difoto, putri kami seperti tidak terbiasa dengan lingkungan perkantoran yang ketat seperti cemberut dan sulit diarahkan untuk pengambilan foto.

Langkah berikutnya adalah memantau promo penerbangan murah untuk bepergian ke negara-negara tetangga.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s