Ingin Punya Anak?

Pasangan yang baru menikah tentunya ingin sekali punya anak, baik yang ingin langsung punya momongan ataupun yang ingin menundanya karena satu dan lain hal.

Ternyata ingin punya keturunan pun tidak semudah yang dikira. Saya percaya itu adalah karunia Yang Maha Kuasa. Akan tetapi pengetahuan manusia yang Tuhan berikan pun semakin baik dan sistematis. Telah banyak pengetahuan yang bisa dimanfaatkan sekarang ini, mulai dari yang sederhana hingga yang canggih sekalipun.

Untuk yang sederhana, kita ketahui bahwa bayi berasal dari sel telur ibu yang dibuahi oleh sel sperma bapak. Pembuahan itu terjadi pada saat bertemunya sperma dengan sel telur yang sudah matang.

Kita mengenal masa pada saat sel telur matang dengan sebutan masa subur. Masa subur ini adalah masa di tengah-tengah antara periode haid sang ibu. Misalnya antara haid terakhir dengan haid sebelumnya adalah 28 hari maka masa subur adalah +/- 2 hari ditengah-tengahnya. Jadi sangatlah baik untuk pasangan yang menginginkan si buah hati untuk berhubungan pada hari-hari tersebut. Perlu juga diketahui oleh si bapak bahwa sperma bapak bisa bertahan selama 2-4 hari setelah berhubungan. Jadi peluangnya tentunya besar dengan syarat bahwa sel telur dan sperma dalam keadaan normal.

Beberapa faktor lain yang bisa mempengaruhi proses pembuahan adalah sel telur yang tidak normal, sel sperma yang tidak normal ataupun gangguan kondisi rahim yang tidak normal.

Pemeriksaan sel telur normal atau tidak bisa dilihat dari hasil USG. Sedangkan untuk sel sperma yang normal atau tidak bisa dilakukan di banyak laboratorium klinik dengan nama analisis sperma. Untuk sperma yang mendukung untuk pembuahan adalah sperma yang berbentuk normal, aktif bergerak, dan dalam jumlah yang memadai. Aktif tidaknya sperma sangat bergantung kepada bentuk sperma tadi. Jumlah sperma ditentukan oleh faktor hormon, saluran sperma, dan gaya hidup si bapak. Perbaikan sperma bisa dilakukan dengan terapi obat-obatan hormon (Tribestan) ataupun pelancar aliran darah (Lentrin). Pada beberapa kasus adanya varikokel dokter akan menyarankan operasi tapi juga bisa dilakukan tanpa operasi lewat minum obat diatas. Gaya hidup yang perlu dijalankan sebenarnya normal saja, banyak olahraga, hindari suhu tinggi pada kantong sperma, berhenti merokok dan minum alkohol, dan banyak vitamin E dan B.

3 thoughts on “Ingin Punya Anak?

  1. saya ibu rumah tangga umur 35 tahun.suami saya umur 39 tahun.anak saya satu umur 4,5 tahun.saya dan suami ingin menambah anak lagi.tetapi semenjak habis dikuretase saya koq belum juga merasakan adanya tanda-tanda kehamilan ya ? padahal sudah hampir 1 tahun lamanya.saya sudah coba memeriksakan diri ke dokter sepesialis kandungan.tetapi katanya nggak ada masalah.jadi bagaimana ya ?

    Balas
    • Ibu Novita yang baik,
      Pengalaman kami, kami pergi tidak hanya ke satu dokter saja. Suami ibu bisa diperiksakan ke dokter spesialis androlog. Waktu itu saya memeriksakan diri ke Dr. Nugroho Setiawan, MS, SpAnd, dokter spesialis andrologi RS Fatmawati, Jl. RS Fatmawati, Cilandak. Kebetulan RS Fatmawati tidak jauh dari kediaman kami. Mungkin bisa ibu kontak ke rumah sakit untuk menanyakan jadwal Dr. Nugroho. Sedangkan untuk ibu Novita bisa diperiksakan kembali ke beberapa dokter spesialis kandungan. Kami pun belum lama mengetahui bahwa dokter spesialis kandungan ada bagian-bagian tertentu yang lebih khusus dan mendalam. Ada dokter kandungan yang mendalam untuk hormon (endokrinologi) seperti Dr. Andon Hestiantoro. Ada juga dokter spesialis kandungan yang menangani kanker (onkologi) seperti Prof. Nugroho Kampono. Ada juga dokter kandungan yang lebih spesifik untuk kelainan janin (fetomaternal) seperti Dr Judi Enjun. Selain bantuan dari dokter, mungkin fisik bapak ibu juga perlu diperkuat dengan cukup gizi (protein) dan cukup olahraga (senam). Banyak berserah kepada Tuhan. Coba mungkin liburan honeymoon untuk rileks. Lebih kurangnya mohon maaf karena semua berdasarkan pengalaman kami berdua. Semoga ibu dan suami diberkati.

      Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s