Akuisisi Seismik

Akuisisi Seismik

Setelah mengenali cekungan sedimen yang diperkirakan mengandung hidrokarbon, perusahaan minyak mengambil hak mineral dari individu ataupun pemerintah yang memiliki hak tersebut. Berikutnya, perusahaan minyak akan menyewa perusahaan akuisisi seismik untuk memetakan formasi batuan bawah tanah melalui survei seismik.

Survei seismick memanfaatkan energi suara dengan frekuensi rendah yang dibangkitkan dari ledakan ataupun alat-alat mekanik. Gelombang suara akan merambat ke bawah dan selagi gelombang menyeberangi batas-batas antar lapisan batuan, energinya akan terpantulkan kembali ke permukaan dan diinderakan oleh sensor-sensor yang disebut geophones. Data yang dihasilkan, diramu dengan asumsi-asumsi terkait kecepatan gelombang melalui batuan dan kepadatan batuan, kemudia ditafsirkan untuk membuat peta dari formasi-formasi.

Survei seismik biasanya dilakukan menggunakan lebih dari satu geophones yang diatur pada jarak-jarak tertentu dari sumber energi. Survei-survei seismik yang pertama kali dilakukan menggunakan plotter-plotter mekanis untuk merekam sinyal-sinyal yang diterima, dan sangat terbatas untuk beberapa geophones saja. Survei-survei ini menempatkan sumber dan geophones pada suatu garis lurus, dengan penafsiran dari data yang dikumpulkan membentuk penampang dua dimensi (2D) dari formasi dibawah garis tadi. Penafsiran ini bisa salah, yang menyebabkan bertambahnya tingkat kesulitan, dan biaya, untuk menempatkan secara tepat formasi yang mengandung hidrokarbon.

Saat ini, seiring dengan perkembangan sistem perekaman digital, dimungkinkan perekaman data yang dihasilkan lebih dari 10,000 geophones secara serentak, mempercepat pengumpulan data secara luar biasa. Program komputer yang mutakhir mampu menghasilkan model-model 3D dari struktur batuan secara tepat. Model-model ini lebih tepat ketimbang model 2D yang lampau, dan meningkatkan peluang secara tepat mengenali formasi yang mengandung hidrokarbon.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s