Dual Laterolog Tool (DLLT)

Dual LateroLog Tool (DLLT) adalah alat pengukur resistivas formasi yang dimiliki oleh Halliburton WPS. DLLT dirancang untuk mengukur resistivitas formasi pada kedalaman penyelidikan dangkal (shallow) dan dalam (deep). Sasaran utama log DLLT adalah untuk memperkirakan resistivitas sebenarnya dari formasi yang diperoleh setelah melewati tahapan koreksi terhadap pengaruh lubang sumur (borehole effects), lapisan-lapisan punggung (shoulder beds), dan fluida invasi.

Penerapan DLLT bersama-sama dengan kurva porositas adalah untuk menentukan kejenuhan air (Sw = water saturation) dengan memanfaatkan rumusan Archie (Archie’s equation). Penggunaan kurva-kurva DLLT bersama-sama dengan kurva MSFL (Micro-spherically Focused Log) akan memberikan perhitungan kedalaman invasi atau rembesan dan keberadaan hidrokarbon.

Lingkungan logging yang tepat untuk DLLT adalah sebagai berikut :

  1. lubang dengan lumpur yang sangat konduktif
  2. daerah yang sering ditemukan evaporit yang larut oleh air
  3. formasi dengan resistivitas yang sangat tinggi
  4. pengecualian untuk lubang yang dibor secara kering ataupun lubang dengan lumpur non-konduktif seperti lumpur berbasis minyak.

Prinsip pengukuran DLLT adalah prinsip yang sama dengan hukum Ohm. Dimana resistivitas dapat dikalkulasikan dari konstanta alat dikalikan dengan suatu tegangan yang terukur antara elektroda pengukur dan elektroda acuan dibagi dengan suatu arus yang terukur. Dikarenakan lingkungan pengukuran adalah lubang dengan lumpur konduktif, maka untuk mendapatkan pengukuran yang akurat, arus yang dipancarkan harus sedemikian hingga melalui formasi dan bukan melalui lumpur yang konduktif tersebut. Cara yang digunakan untuk mem-fokus-kan arus adalah dengan memancarkan arus pemfokus dan mengukur selisih antara arus pemfokus dan arus pemsurvei tersebut.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s